Peningkatan Hasil Belajar PPKn Tentang Berbagai Bentuk Keberagaman Suku, Bangsa, Sosial Dan Budaya Di Indonesia Melalui Model Pembelajaran Awarenes Training Siswa Kelas IV SDN 1 Balong Kecamatan Balong

Main Author: Nuryani, Nuryani
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH (MKKS) SMP KOTA MADIUN , 2020
Online Access: https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JEG/article/view/434
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JEG/article/view/434/393
Daftar Isi:
  • Berdasarkan kenyataan yang ada, tingkat keterampilan siswa Kelas IV dalam hal menguasai materi tentang berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial dan budaya di Indonesia dalam kategori kurang. Hal ini didukung adanya mean skor kelas hanya mencapai 58,75. Sedangkan siswa yang telah mencapai KKM 58,33% atau 14 siswa saja dari KKM yang telah ditetapkan 75. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 35 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrumen tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tentang berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial dan budaya di Indonesia melalui strategi pembelajaran Awarenes Training pada siswa Kelas IV, SDN 1 Balong Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. Peranan model pembelajaran Awarenes Training dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : siklus I 71,67; siklus II 75,83; dan siklus III 81,67. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar, yaitu pada siklus I 66,67%, siklus II 83,33%, siklus III terjadi peningkatan mencapai 100%.