Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Modifikasi Numbered Head Together Method Pada Kelas VIII-B Semester Ganjil Di SMP Negeri 3 Ngadirojo, Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2016/2017

Main Author: Pramono, Pramono
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH (MKKS) SMP KOTA MADIUN , 2019
Online Access: https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JEG/article/view/333
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JEG/article/view/333/297
Daftar Isi:
  • Sudah bukan rahasia lagi dan seolah-olah sudah menajadi asumsi umum bahwa hasil pengajaran bahasa Indonesia di sekolah-sekolah dari sekolah dasar sampai sekolah dasar kurang memuaskan.” Masalah yang dimaksud adalah dilihat dari hasil ujian sebagai salah satu barometer keberhasilan pengajaran bahasa Indonesia.Hal ini mengisyaratkan bahwa guru tidak saja menyampaikan isi pelajaran, tapi juga memberikan tugas kepada siswa. Untuk dapat memberikan tugas kepada para siswa dengan sebaik-baiknya, seyogyanya guru memiliki pengetahuan dan terampil menggunakan metode dalam Kegiatan Belajar mengajar. Jenis penelitian yang digunakan ada Jenis penelitian tindakan kelas yang subyeknya adalah siswa kelas VIII-B SMP Negeri 3 Ngadirojo, Kabupaten Pacitan tahun pelajaran 2016/2017 sejumlah 32 orang.  Kesimpulan dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode diskusi prestasi siswa pada mata pelajaran PKn terjadi peningkatan. Terbukti pada hasil pengamatan pada siklus I dan II, serta, hasil tes pada siklus I secara garis besar hasil prestasi belajar siswa pada siklus I mengalami kenaikan adri tes awal dan akhir sebanyak 5.89 ( 6 % ) dan Pada Siklus II sebesar 2.2 ( 2 % ). Peningkatan nilai menunjukkan bahwa perbaikan proses pembelajaran membawa dampak positif terhadap prestasi siswa.