Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IXA SMP Negeri 4 Madiun Tahun 2016/2017 Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Outentic Learning

Main Author: Hartanto, S.Pd, Henri Yuli
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH (MKKS) SMP KOTA MADIUN , 2019
Online Access: https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JEG/article/view/323
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JEG/article/view/323/289
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah apakah melalui penerapan model pembelajaran Outentic Learning dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas IXA SMP Negeri 4 Madiun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktifitas siswa serta meneliti apakah model pembelajaran ini tepat untuk siswa kelas IXA SMP Negeri 4 Madiun. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IXA SMP Negeri 4 Madiun tahun pelajaran 2016/2017 dengan  jumlah 31 orang. Prosedur tindakan kelas ditempuh dalam 2 siklus yaitu siklus I, dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Cara pengambilan data melalui tes dan pengamatan. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan peningkatan hasil belajar siswa kelas IXA pada pelajaran matematika rata – rata kelasnya pada siklus I sampai siklus II yaitu pada siklus I adalah 64,11 (64%) dan siklus II adalah 87,26 (100%) ada kenaikan 11,1% khusunya soal – soal Kesebangunan dan Kekongruenan, serta terjadi peningkatan aktifitas siswa dan cara yang paling efektif untuk menerapkan model pembelajaran Outentic Learning. Simpulan yang dapat diambil setelah melaksanakan penelitian adalah hasil belajar meningkat, siswa lebih aktif dan model pembelajaran ini dapat digunakan di kelas IXA. Sarannya adalah guru hendaknya menggunakan model pembelajaran ini untuk Kegiatan Proses Pembelajaran.