Peningkatan Hasil Belajar Melakukan Operasi Hitung Campuran Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Pendekatan Learning Expeditions Siswa Kelas III SLB Cendekia Kecamatan Kabuh
Main Author: | Sungkono, Edi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH (MKKS) SMP KOTA MADIUN
, 2019
|
Online Access: |
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JEG/article/view/322 https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JEG/article/view/322/288 |
Daftar Isi:
- Pengajaran Matematika yang diharapkan adalah pengajaran yang dapat membuat siswa benar-benar mampu menerapkan, bukan hanya menguasai teori saja. Pada kenyataannya Matematika pada saat ini tidak seperti yang diharapkan. Siswa belum dapat menerapkan secara maksimal, hal ini terjadi karena guru seringkali hanya mengevaluasi pengajaran Matematika dari segi teorinya saja. Berdasarkan data yang diperoleh peneliti dari daftar nilai diketahui bahwa keterampilan siswa untuk dalam bidang Matematika khususnya pada standar kompetensi mempelajari Melakukan operasi hitung campuran sangat rendah, yakni hanya 50,00% dari jumlah siswa dinyatakan tuntas belajar dan nilai rerata yang dicapai hanya 59,38. Hal semacam ini jika dibiarkan, maka akan membawa dampak yang fatal. Peneliti menganggap masalah tersebut merupakan sesuatu yang urgen. Pada kesempatan ini peneliti menawarkan model pembelajaran Learning Expeditions. Apabila guru menerapkan model pembelajaran Learning Expeditions diharapkan minimal 75% dari jumlah siswa terampil dalam mempelajari Melakukan operasi hitung campuran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 35 menit, yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrumen tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mempelajari Melakukan operasi hitung campuran melalui metode Learning Expeditions pada siswa Kelas III SLB Cendekia Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Peranan Model Pembelajaran Learning Expeditions dalam meningkatkan keterampilan Matematika materi ajar Melakukan operasi hitung campuran ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score) mulai dari siklus pertama sampai siklus terakhir, yakni : pada siklus I 72,50; siklus II 76,88, dan siklus III 81,88. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan prosentasi ketuntasan belajar yaitu pada siklus I hanya 62,50%, siklus II meningkat menjadi 75,00%, pada siklus III terjadi peningkatan mencapai 100%.