Peningkatan Hasil Belajar Mengenal Satuan Jarak Dan Kecepatan Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Bowling Kampus Siswa Kelas V SDN Wunut 2 Kecamatan Porong

Main Author: Sukarsih, Sukarsih
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH (MKKS) SMP KOTA MADIUN , 2019
Online Access: https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JEG/article/view/319
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JEG/article/view/319/285
Daftar Isi:
  • Pengelolaan kurikulum diarahkan agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik, dengan tolok ukur pencapaian tujuan oleh siswa. Upaya untuk mendorong guru dalam menetapkan strategi agar tujuan pembelajaran dapat tercapai, guru perlu didorong untuk terus menyempurnakan strategi tersebut misalnya dengan menetapkan kaji tindak dalam pembelajaran. Fenomena yang terjadi di Kelas V SDN Wunut 2 Kecamatan Porong maka diperoleh data rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Matematika khususnya pada standar kompetensi Mengenal satuan jarak dan kecepatan sangat rendah, yakni 35,71% dari jumlah 28 siswa memiliki nilai di bawah standar ketuntasan dengan nilai rerata yang dicapai 58,57. Masalah ini perlu segera ditangani agar tidak menimbulkan akibat yang fatal pada siswa. Penerapan model pembelajaran Bowling Kampus, merupakan sebuah penawaran peneliti dalam memecahkan masalah dengan harapan minimal 75% dari jumlah siswa memahami konsep Mengenal satuan jarak dan kecepatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2x35 menit yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrumen tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep Mengenal satuan jarak dan kecepatan pada mata pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Bowling Kampus Siswa Kelas V SDN Wunut 2 Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. Peranan Model Pembelajaran Bowling Kampus dalam meningkatkan hasil belajar Matematika materi ajar Mengenal satuan jarak dan kecepatan ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score) yakni : pada siklus I 72,50; siklus II 76,43, dan siklus III 81,79. Selain itu ditandai pula adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar yaitu pada siklus I hanya 71,43%, siklus II menjadi 78,57%, pada siklus III mencapai 100%.