Peningkatan Hasil Belajar Mengenal Bilangan Asli Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Penerapan Metode Belajar Pintar Siswa Kelas II SDN 1 Mangkujayan Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo

Main Author: Mariyani, Ninik
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH (MKKS) SMP KOTA MADIUN , 2019
Online Access: https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JEG/article/view/253
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JEG/article/view/253/223
Daftar Isi:
  • Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 35 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrumen tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika kompetensi dasar Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan) melalui Penerapan Metode Belajar PINTAR pada siswa Kelas II SDN 1 Mangkujayan Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Peranan Model Pembelajaran Belajar PINTAR dalam meningkatkan hasil belajar Matematika materi ajar Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan) ini ditandai adanya peningkatan mean score, yakni : pada siklus I 74,38; siklus II 78,13; dan siklus III 86,25. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar, yaitu pada siklus I 56,25%, siklus II menjadi 81,25%, pada siklus III terjadi peningkatan mencapai 100%.