Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Penjaskes Tentang Bahaya Narkoba Melalui Metode CTL Pada Siswa Kelas VI SDN 02 Madiun Lor Kecamatan Manguharjo Kota Madiun
Main Author: | Setiyadji, Setiyadji |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH (MKKS) SMP KOTA MADIUN
, 2019
|
Online Access: |
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JEG/article/view/250 https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JEG/article/view/250/220 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelangi oleh banyaknya siswa yang tidak tuntas dalam pembalajaran Penjaskes di SDN 02 Madiun Lor Kecamatan Manguharjo Kota Madiun. Pada kenyataan di sekolah masih banyak guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar menggunakan metode ceramah. Akibatnya banyak siswa yang cepat bosan dan jenuh. Hal tersebut sangat mempengaruhi hasil belajar, sehingga dari mereka mendapatkan hasil belajar yang kurang maksimal. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa maka diperlukan adanya metode pembelajaran. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode CTL. Penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan sistem siklus meliputi : Tahapan Perencanaan (planning), Tahapan Tindakan (acting), Tahapan Pengamatan (observing) dan Tahap Refleksi (reflecting). Subjek dan tempat penilitian adalah Siswa kelas VI SDN 02 Madiun Lor Kecamatan Manguharjo Kota Madiun. Hasil penilitian menujukkan jumlah siswa yang tuntas pada Siklus I mencapai 9 siswa dengan presntase 30%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas 21 siswa dengan presentase 86%. Jadi dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN 02 Madiun Lor Kecamatan Manguharjo Kota Madiun.