Meningkatkan Prestasi Belajar Ips Tentang Kenampakan Alam Melalui Pembelajaran Terstruktur Dengan Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas VI SDN 02 Winongo Kota Madiun

Main Author: Sudhiyani, Wartinah
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH (MKKS) SMP KOTA MADIUN , 2019
Online Access: https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JEG/article/view/247
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JEG/article/view/247/217
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian tindakan ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran terstruktur dengan pemberian tugas terhadap hasil belajar Pengetahuan Sosial. (b) Untuk mengungkap pembelajaran terstruktur dengan pemberian tugas terhadap motivasi belajar Pengetahuan Sosial siswa kelas VI SDN 02 Winongo Kota Madiun.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VI SDN 02 Winongo Kota Madiun. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (66,67%), siklus II (77,78%), siklus III (88,89%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran terstruktrur dengan pemberian tugas dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa SDN 02 Winongo Kota Madiun, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.