Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Menggunakan Permainan Kartu Huruf Pada Siswa Kelas 1.B MIN Manisrejo Kota Madiun
Main Author: | S.Pd., Sutiyah, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH (MKKS) SMP KOTA MADIUN
, 2018
|
Online Access: |
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JEG/article/view/176 https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JEG/article/view/176/159 |
Daftar Isi:
- Keberhasilan pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Manisrejo Kota Madiun serta meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran sebagai interaksi timbal balik antara guru dan siswa. Meskipun banyak faktor-faktor penyebab kurangnya penguasaan materi yang diberikan, metode pendidik yang digunakan dan faktor-faktor yang lainnya dalam pembuatan model pembelajaran. Penelitian tindakan dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap meliputi tahapan persiapan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Indikator keberhasilan dari setiap siklus adalah : 1) Kualitas proses pembelajaran hasil observasi menunjukkan predikat baik atau sangat baik, 2) Tes belajar siswa mencapai ketuntasan belajar klasikal (80%), dengan KKM = 75. Hasil penelitian bahwa diperoleh prosentase siswa yang tuntas belajar meningkat setiap siklusnya, yaitu pada siklus I sebesar 50,00%, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 70,60% dan pada akhir siklus ini telah mencapai indikator keberhasilan penelitian. Rata-rata nilai siswa senantiasa mengalami peningkatan setiap siklusnya, yaitu dari 50,00% pada siklus I, naik menjadi 70,60% pada siklus II dan pada siklus III menjadi 88,23%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran melalui permainan kartu huruf dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I MIN Manisrejo Kota Madiun. Simpulan yang diperoleh adalah : 1) Penggunaan metode Teknik Permainan Kartu Huruf terbukti dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran membaca. 2) Penggunaan media pembelajaran dengan pendekatan Teknik Permainan Kartu Huruf dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran membaca.