Peningkatan Hasil Belajar Mendeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Pembelajaran Improve Siswa Kelas V SDN 2 Mangkujayan Kecamatan Ponorogo

Main Author: Utami, Eny Sri
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN , 2018
Online Access: https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JRP/article/view/58
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JRP/article/view/58/51
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan Hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan melalui metode Model Pembelajaran improve  pada siswa Kelas V SDN 2 Mangkujayan Kecamatan Ponorogo Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 35 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Dari data yang diperoleh peneliti diketahui bahwa hasil belajar siswa dalam bidang Pendidikan Kewarganegaraan khususnya pada standar kompetensi Mendeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sangat rendah dengan nilai rerata yang dicapai 54,44. Peneliti menganggap masalah tersebut merupakan sesuatu yang urgen. Pada kesempatan ini peneliti menawarkan Model Pembelajaran improve  yang memungkinkan siswa untuk mengembangkan kreativitasnya. Peranan Model Pembelajaran improve dalam meningkatkan hasil belajar ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score) mulai dari siklus pertama sampai siklus terakhir, yakni : pada siklus I: 71,67,  siklus II: 77,22, dan siklus III: 83,33. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar dari siklus pertama hingga siklus terakhir, yaitu pada siklus I meningkat menjadi  66,67%, siklus II meningkat menjadi 77,78%, pada siklus III terjadi peningkatan mencapai 100%.