Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Tentang Permasalahan Sosial Melalui Pendekatan Learning Expeditions Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Kecamatan Bungkal
Main Author: | Purwanto, Afif |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN
, 2018
|
Online Access: |
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JRP/article/view/194 https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JRP/article/view/194/176 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 40 menit, yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrumen tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk melalui metode Learning Expeditions pada siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016. Peranan Model Pembelajaran Learning Expeditions dalam meningkatkan keterampilan Ilmu Pengetahuan Sosial materi ajar Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score) mulai dari siklus pertama sampai siklus terakhir, yakni : pada siklus I 71,25; siklus II 77,50, dan siklus III 78,57. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar yaitu pada siklus I hanya 60,71%, siklus II meningkat menjadi 67,86%, pada siklus III terjadi peningkatan mencapai 100%.