Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Tentang Perilaku Hidup Sederhana Dengan Pembelajaran Model Elaborasi (EB) Siswa Kelas IV SDN 1 Bangunsari Kecamatan Ponorogo
Main Author: | Muthmainnah, Muthmainnah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN
, 2018
|
Online Access: |
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JRP/article/view/192 https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JRP/article/view/192/174 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 35 menit yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar Menampilkan perilaku hidup sederhana melalui metode Elaborasi Siswa Kelas IV SDN 1 Bangunsari Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016. Peranan Model Pembelajaran Elaborasi dalam meningkatkan hasil belajar Menampilkan perilaku hidup sederhana ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score) yakni : pada siklus I 68,54; siklus II 75,21, dan siklus III 81,04. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar yaitu pada siklus I hanya 70,83%, siklus II menjadi 79,17%, pada siklus III mencapai 100%