Peningkatan Hasil Belajar Menemukan Informasi Dari Teks Cerita Wayang Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Dengan Penerapan Model Think-Pair-Share Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 2 Bungkal
Main Author: | Baruni, Siti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN
, 2018
|
Online Access: |
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JRP/article/view/188 https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JRP/article/view/188/170 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 40 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui metode Think-Pair-Share Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 2 Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Peranan Model Pembelajaran Think-Pair-Share dalam meningkatkan kemampuan materi ajar ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : pada siklus I 73,96; siklus II 77,08, dan siklus III 79,17. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar dari siklus pertama hingga siklus terakhir, yaitu siklus I hanya 70,83%, siklus II meningkat menjadi 83,33%, pada siklus III terjadi peningkatan mencapai 100%.