Peningkatan Hasil Belajar Kompetensi Kejuruan Tentang Prinsip Kerja Turbin Melalui Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Siswa Kelas X TPM B SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo
Main Author: | Lukito, Lukito |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN
, 2018
|
Online Access: |
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JRP/article/view/184 https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JRP/article/view/184/166 |
Daftar Isi:
- Banyak perhatian khusus diarahkan kepada perkembangan dan kemajuan pendidikan guna meningkatkan mutu pendidikan. Berdasarkan hasil angket sebelum penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa akan belajar jika diberi tugas oleh guru. Siswa belum mampu mengambil makna dari belajar, kemauan siswa untuk mengembangkan kreativitasnya masih kurang, kegiatan belajar siswa masih tergantung pada guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 40 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Mendeskripsikan Prinsip Kerja Turbin melalui strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing pada siswa Kelas X TPm B, SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017. Peranan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dalam meningkatkan hasil belajar Mendeskripsikan Prinsip Kerja Turbin ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : siklus I 74,84; siklus II 80,94; dan siklus III 85,94. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar, yaitu pada siklus I 68,75%, siklus II 87,50%, siklus III terjadi peningkatan mencapai 100%.