Upaya Meingkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 5E (LC5E) Pada Tema Peristiwa Materi Lingkungan Rumah Siswa Kelas I Semester 2 SD Negeri Kejiwan, Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo

Main Author: ., Sartini
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN , 2018
Online Access: https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/57
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/57/50
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran  IPS tema peristiwa materi lingkungan rumah  menggunakan model pembelajaran Learning cycle 5E. Langkah model Learning cycle 5E meliputi,engagement (pembangkitan minat), exploration (eksplorasi), explanation (penjelasan), elaboration (elaborasi) dan evaluation (evaluasi). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Kejiwan yang berjumlah 42 siswa. Jenis Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Setiap pertemuan diadakan evaluasi dengan menggunakan tes. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pada pembelajaran IPS tema peristiwa materi lingkungan rumah melalui model pembelajaran Learning cycle 5E dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis bagi siswa Kelas I semester 2 SD Negeri Kejiwan Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo tahun 2016/2017  dari pra siklus 68,24  menjadi 87,55 Pada akhir siklus 2. Kemampuan berpikir kritis siswa mengikuti mata pelajaran  IPS materi  lingkungan rumah. Bagi siswa Kelas I semester 2 SD Negeri Kejiwan Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo tahun 2016/2017  dari pra siklus 19%  menjadi 100% pada akhir siklus 2.