Peningkatkan Prestasi Belajar Matematika Tentang Barisan Dan Deret Melalui Model Pembelajaran Tapps Pada Siswa Kelas XII IPS 3 SMA Negeri 1 Ambulu Kabupaten Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017

Main Author: MM, Drs. Sunoto,
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN , 2020
Online Access: https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/526
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/526/481
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan selama tiga siklus hasil seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Model Pembelajaran TAPPS dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika, dengan analisis data tingkat minat, perhatian, dan partisipasi siswa sebagai berikut :dari data kegiatan guru dalam proses belajar mengajar pada siklus I mendapat nilai 28dengan rata-rata 2 dalam katagori (cukup), untuk siklus II mendapat nilai 43 dengan rata-rata 3.5 dengan kategori amat baik. Berdasarkan analisis data siklus I diperoleh hasil sebanyak 11 siswa (30,55%) memiliki partisipasi baik, 14 siswa (38,88 %) memiliki partisipasi  cukup, dan 11 siswa (30,55%) memiliki partisipasi kurang. Siklus II diperoleh hasil sebanyak 18 siswa (48,64%) memiliki partisipasi baik, 11 anak (29,72%) memiliki partisipasi cukup dan 8 siswa (21,62%) memiliki partisipasi kurang.Dari hasil ini dapat diinterpretasikan bahwa kegiatan pembelajaran Matematika dengan menerapkan  Model Pembelajaran TAPPS dapat meningkatkan partispasi siswa terhadap pembelajaran.Model Pembelajaran TAPPS memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (73%), Siklus dan Siklus II(92%).