Peningkatan Hasil Belajar Mendeskripsikan Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Melalui Model Pembelajaran Awarenes Training Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo

Main Author: Sulistyawati, Tri Julianti
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN , 2018
Online Access: https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/50
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/50/44
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 40 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar di Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan melalui strategi pembelajaran Awarenes Training pada siswa Kelas VIII C, SMP Negeri 1 Kecamatan Bungkal Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Peranan model pembelajaran Awarenes Training dalam meningkatkan hasil belajar di Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : siklus I 75,00; siklus  II 79,00; dan siklus III 82,67. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar, yaitu pada siklus I 56,67%, siklus II 76,67%, siklus III terjadi peningkatan mencapai 93,33%. Kenyataan membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran Awarenes Training dalam proses pembelajaran dapat meningkatan hasil belajar di Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.