Peningkatan Hasil Belajar Memberi Dan Meminta Pendapat Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Model Pembelajaran Awarenes Training Siswa Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Magetan

Main Author: Sunarsih, Sunarsih
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN , 2019
Online Access: https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/385
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/385/343
Daftar Isi:
  • Berdasarkan kenyataan yang ada, tingkat keterampilan siswa Kelas XI MIA 2 dalam hal menguasai materi Memberi dan Meminta Pendapat dalam kategori kurang. Hal ini didukung adanya mean skor kelas hanya mencapai 58,28. Sedangkan siswa yang telah mencapai KKM 53,13% atau 17 siswa saja dari KKM yang telah ditetapkan 75. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 45 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar di Memberi dan Meminta Pendapat melalui strategi pembelajaran Awarenes Training pada siswa Kelas XI MIA 2, SMA Negeri 2 Magetan Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. Peranan model pembelajaran Awarenes Training dalam meningkatkan hasil belajar ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : siklus I 71,88; siklus II 74,69; dan siklus III 82,34. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar, yaitu pada siklus I 65,63%, siklus II 71,88%, siklus III terjadi peningkatan mencapai 93,75%. Kenyataan membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran Awarenes Training dalam proses pembelajaran dapat meningkatan hasil belajar di Memberi dan Meminta Pendapat pada mata pelajaran Bahasa Inggris.