Peran Aktif Teknik Pembelajaran Self Esteem Approach Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII-C Semester Genap Di SMP Negeri 1 Ngadirojo, Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2017 2018.

Main Author: Tino, Tino
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN , 2019
Online Access: https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/317
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/317/284
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa matematika setelah diterapkannya metode Pembelajartan Self  Esteem Approach pada siswa Kelas VIII-C  SMP Negeri  1 Ngadirojo, Kabupaten Pacitan  tahun pelajaran 2017/2018?. (2) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode struktural pada siswa Kelas VIII-C  SMP Negeri  1 Ngadirojo, Kabupaten Pacitan  tahun pelajaran 2017/2018? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VIII-C  SMP Negeri  1 Ngadirojo, Kabupaten Pacitan 2017/2018?. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus  I nilai rata-rata tahap I dan tahap II (69.40%), siklus II nilai rata-rata tahap I dan tahap II (82.30%),  siklus III nilai rata- rata tahap I dan tahap II (93.60%).