Peran Aktif Teknik Pembelajaran Self Esteem Approach Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII-C Semester Genap Di SMP Negeri 1 Ngadirojo, Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2017 2018.
Main Author: | Tino, Tino |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN
, 2019
|
Online Access: |
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/317 https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/317/284 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa matematika setelah diterapkannya metode Pembelajartan Self Esteem Approach pada siswa Kelas VIII-C SMP Negeri 1 Ngadirojo, Kabupaten Pacitan tahun pelajaran 2017/2018?. (2) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode struktural pada siswa Kelas VIII-C SMP Negeri 1 Ngadirojo, Kabupaten Pacitan tahun pelajaran 2017/2018? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VIII-C SMP Negeri 1 Ngadirojo, Kabupaten Pacitan 2017/2018?. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I nilai rata-rata tahap I dan tahap II (69.40%), siklus II nilai rata-rata tahap I dan tahap II (82.30%), siklus III nilai rata- rata tahap I dan tahap II (93.60%).