Peningkatan Hasil Belajar Menceritakan Tokoh Sejarah Masa Hindu-Budha Dan Islam Di Indonesia Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Siswa Kelas V SDN Kauman 2 Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang

Main Author: Sunarmiati, Sunarmiati
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN , 2019
Online Access: https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/312
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/312/279
Daftar Isi:
  • Proses belajar mengajar yang berkembang di kelas umumnya ditentukan oleh peran guru dan siswa sebagai individu-individu yang terlibat langsung di dalam proses tersebut. Prestasi belajar siswa itu sendiri sedikit banyak tergantung pada cara guru menyampaikan pelajaran pada anak didiknya. Oleh karena itu kemampuan serta kesiapan guru dalam mengajar memegang peranan penting bagi keberhasilan proses belajar mengajar pada siswa. Hal ini menunjukkan adanya keterkaitan antara prestasi belajar siswa dengan metode mengajar yang digunakan oleh guru. Berdasarkan data yang diperoleh peneliti dari daftar nilai diketahui bahwa kemampuan siswa dalam bidang Ilmu Pengetahuan Sosial khususnya pada kompetensi dasar Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia sangat rendah, yakni 42,86% dari jumlah siswa memiliki nilai di bawah standar ketuntasan dengan nilai rerata yang dicapai 66,67. Apabila guru menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray diharapkan minimal 75% dari jumlah siswa memahami konsep Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 3 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 35 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia melalui metode Two Stay Two Stray pada siswa Kelas V SDN Kauman 2 Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. Peranan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dalam meningkatkan kemampuan Ilmu Pengetahuan Sosial ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : siklus I 70,00; siklus  II 75,48; dan siklus III 79,76. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar, yaitu pada siklus I 61,91%, siklus II 76,19%, siklus III terjadi peningkatan mencapai 100%.