Peningkatan Hasil Belajar Menginterpretasi Makna Teks Laporan Hasil Observasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Penerapan Model Think-Pair-Square Siswa Kelas X BK B SMK Negeri 1 Jenangan

Main Author: Pujiatiningsih, Nunik
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN , 2019
Online Access: https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/236
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/236/207
Daftar Isi:
  • Menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi baik lisan maupun tulisan merupakan salah satu kompetensi dasar yang diajarkan dalam kurikulum bagi siswa SMK Negeri 1 Jenangan khususnya Kelas X BKP B yang perlu mendapat perhatian yang serius, karena hal ini merupakan dasar dalam mengembangkan kompetensi dasar dan standar kompetensi berikutnya pada Semester I. Diharapkan telah menguasai materi ajar Menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi baik lisan maupun tulisan, sehingga jika timbul hal-hal yang tidak sesuai dengan harapan harus segera dicarikan cara pemecahan. Permasalahan yang muncul di Kelas X BKP B SMK Negeri 1 Jenangan adalah siswa kurang menguasai beberapa kompetensi dasar yang diajarkan. Seharusnya siswa Kelas X BKP B pada Semester I telah memahami materi ajar Menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi baik lisan maupun tulisan. Berdasarkan data yang ada bahwa sejumlah 42,86% atau 12 siswa Kelas X BKP B SMK Negeri 1 Jenangan belum memahami sepenuhnya materi Menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi baik lisan maupun tulisan. Hal ini didukung dengan adanya nilai ulangan harian dengan rerata 58,14 dan 42,86% atau 15 siswa memiliki nilai di bawah rata-rata kelas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 45 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi baik lisan maupun tulisan melalui metode Think-Pair-Square Siswa Kelas X BKP B SMK Negeri 1 Jenangan Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. Peranan Model Pembelajaran Think-Pair-Square dalam meningkatkan kemampuan materi ajar Menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi baik lisan maupun tulisan ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : pada siklus I 73,57; siklus  II 77,00, dan siklus III 79,14. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar dari siklus pertama hingga siklus terakhir, yaitu siklus I hanya 68,57%, siklus II meningkat menjadi 82,86%, pada siklus III terjadi peningkatan mencapai 100%.