Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Dan Optimalisasi Program Kepengawasan Akademik Dan Manajerial Oleh Pengawas Sekolah Di SDN Tulakan II Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan

Main Author: SUYANTO, JOKO
Format: Article info Journal
Terbitan: PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN , 2018
Online Access: https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/158
Daftar Isi:
  • Tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan Penelitian Tindakan Sekolah ini adalah: 1) Meningkatkan kompetensi Supervisi Akademik dan Manajerial sesuai dengan kajian kepengawasan tahun yang lalu yang meliputi (a) perencanaan program Supervisi Akademik dan Manajerial, (b) pelaksanaan program Supervisi Akademik dan Manajerial, (c) menindaklanjuti program Supervisi Akademik dan Manajerial secara mandiri; 2) Mengembangkan model penilaian yang secara umum dapat dipandang lebih baik dari apa yang telah dikembangkan di sekolah, baik yang menyangkut mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaiannya; 3) Melaksanakan pengkajian terhadap program kepengawasan di Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan berkenaan dengan implementasi 8 standar nasional pendidikan (SI, SKL, Proses, Penilaian, Pengelolaan, Sarpras, Tendik, Pembiayaan). Setelah penulis sebagai pengawas sekolah melaksanakan kegiatan Penelitian Tindakan Sekolah mulai awal sampai akhir pelaksanaan kegiatan, maka kompetensi supervisi akademik penulis sebagai pengawas sekolah dapat meningkat, kompetensi guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran (silabus dan RPP) meningkat, dengan melaksanakan supervisi guru dan kepala sekolah, maka kompetensi supervisi akademik penulis sebagai pengawas sekolah semakin meningkat, meningkatnya kompetensi penulis sebagai pengawas sekolah  dalam menyusun perangkat pembelajaran.