Peningkatan Prestasi Belajar Menerapkan Konsep Termodinamika Dalam Mesin Kalor Pada Mata Pelajaran Fisika Dengan Pembelajaran Certainly Of Response Index (CRI) Siswa Kelas XI Mat-IA 2 SMA Negeri 1 Magetan

Main Author: ., Suratno
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN , 2018
Online Access: https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/109
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/109/103
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Menerapkan Konsep Termodinamika dalam Mesin Kalor melalui strategi pembelajaran Certainly of Response Index (CRI) pada siswa Kelas XI MAT-IA 2  SMA Negeri 1 Magetan Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017. Data yang dikumpulkan menunjukkan bahwa hasil belajar  fisika siswa pada standar kompetensi “Menerapkan Konsep Termodinamika dalam Mesin Kalor“ siswa Kelas XI MAT-IA 2 SMA Negeri 1 Magetan dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil ulangan harian nilai rerata yang dicapai 55,31, dan  prosentase ketuntasan siswa 56,25% atau 18 siswa dari jumlah keseluruhan 32 siswa,. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan.  Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrumen tes, wawancara, angket dan jurnal. Peranan strategi pembelajaran Certainly of Response Index (CRI) dalam meningkatkan kemampuan Fisika materi ajar Menerapkan Konsep Termodinamika dalam Mesin Kalor ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : pada siklus I 72,81; siklus II 77,03, dan siklus III 82,97. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar, yaitu siklus I hanya 65,63%, siklus II 81,25%, siklus III mencapai 96,88%.