Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Tentang Proses Perumusan Pancasila Melalui Penerapan Metode Belajar Pintar Siswa Kelas VI SDN 1 Plalangan Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo
Main Author: | ., Sutadi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN
, 2018
|
Online Access: |
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/105 https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/105/98 |
Daftar Isi:
- Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 35 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrumen tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan kompetensi dasar Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara melalui Penerapan Metode Belajar PINTAR pada siswa Kelas VI SDN 1 Plalangan Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Peranan Model Pembelajaran Belajar PINTAR dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan materi ajar Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara ini ditandai adanya peningkatan mean score, yakni : pada siklus I 74,00; siklus II 78,00; dan siklus III 86,67. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar, yaitu pada siklus I 53,33%, siklus II menjadi 80,00%, pada siklus III terjadi peningkatan mencapai 100%.