Peningkatan Hasil Belajar Mendeskripsikan Nilai-Nilai Juang Dalam Proses Perumusan Pancasila Sebagai Dasar Negara Dengan Penerapan Model Think-Pair-Square Siswa Kelas VI SDN 1 Karangan Kecamatan Balong

Main Author: ., Sulistiyowati
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN , 2018
Online Access: https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/104
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/104/97
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 35 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara melalui metode Think-Pair-Square. Peranan Model Pembelajaran Think-Pair-Square dalam meningkatkan kemampuan materi ajar Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : pada siklus I 72,78; siklus II 75,56, dan siklus III 78,89. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar dari siklus pertama hingga siklus terakhir, yaitu siklus I hanya 55,56%, siklus II meningkat menjadi 66,67%, pada siklus III terjadi peningkatan mencapai 100%.