Peningkatan Hasil Belajar Menceritakan Peristiwa Di Lingkungan Keluarga Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Model Pembelajaran Examples Non Examples Siswa Kelas I SDN 2 Karangpatihan Kecamatan Balong
Main Author: | Utami, Endang Sri Rahayu |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN
, 2018
|
Online Access: |
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/102 https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/102/95 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 35 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga melalui metode Examples Non Examples pada siswa Kelas I SDN 2 Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017. Peranan Model Pembelajaran Examples Non Examples dalam meningkatkan kemampuan Ilmu Pengetahuan Sosial ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : siklus I 73,50; siklus II 80,25; dan siklus III 84,50. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar, yaitu pada siklus I 70,00%, siklus II 85,00%, siklus III terjadi peningkatan mencapai 100%.