Peningkatan Hasil Belajar Mendeskripsikan Nilai-Nilai Juang Dalam Proses Perumusan Pancasila Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Bowling Kampus Siswa Kelas VI SDN 1 Muneng Kecamatan Balong
Main Author: | ., Parno |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN
, 2018
|
Online Access: |
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/100 https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/100/93 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 35 menit yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrumen tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Bowling Kampus Siswa Kelas VI SDN 1 Muneng Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Peranan Model Pembelajaran Bowling Kampus dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score) yakni : pada siklus I 72,14; siklus II 75,71, dan siklus III 81,43. Selain itu ditandai pula adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar yaitu pada siklus I hanya 66,67%, siklus II menjadi 76,19%, pada siklus III mencapai 100%.