PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENGGUNAAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS V DI SDN 24 TEMMALEBBA KECAMATAN BARA KOTA PALOPO

Main Author: Fitriani, Mirna
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: IAIN Palopo , 2018
Subjects:
Online Access: https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/PiJIES/article/view/403
https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/PiJIES/article/view/403/307
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada proses pembelajaran dengan menggunakan media gambar yang ada pada lingkungan siswa sehingga mudah untuk berbicara. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan 2 siklus, setiap sisklus berlangsung selama dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 24 Temmalebba Kecamatan Bara Kota Palopo, yang berjumlah 35 siswa terdiri dari 19 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu wawancara, tes dan pengamatan. Penelitian ini dapat menggunakan sebuah teknik analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu cara teknik pengolahan data dengan cara mendeskripsikan hasil data kualitatif meliputi hasil observasi dan catatan dilapangan. Sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan teknik statistik dalam bentuk perhitungan rata-rata (mean). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa meningkat pada tiap siklusnya. Pada prasikls yang nilai rata-ratanya 2,13,meningkat pada siklus I yang nilai rata-ratanya 3,04, dan semakin meningkat pada siklus II yang nilai rata-ratanya 3,77. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dengan menggunaan model example non example maka keterampilan berbicara siswa kelas V di SDN 24 Temmalebba Kec.Bara Kota Palopo dapat meningkat.