PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN ARTIKULASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA NEGERI 1 SIBABANGUN KABUPATEN TAPANULI TENGAH
Main Author: | Lubis, Muhammad Adlan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
, 2018
|
Online Access: |
http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/biolokus/article/view/352 http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/biolokus/article/view/352/338 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 1 Sibabangun. Metode penelitian menggunakan eksperimen semu dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling. Kelas A dibelajarkan dengan model pembelajaran two stay two stray (TSTS), kelas B dengan model pembelajaran artikulasi dan kelas C (kontrol) dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda. Teknik analisis data untuk hasil belajar menggunakan Analisis Kovarians (ANAKOVA) pada taraf signifikan α = 0,05 dengan bantuan SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh signifikan model pembelajaran TSTS (84,71 ± 14,729); artikulasi (82,29 ± 15,942), dan konvensional (50,70 ± 23,628) terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TSTS dan artikulasi lebih tinggi dibandingkan dengan konvensional.