Upaya Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Matematika Siswa melalui Pendekatan PBL di Kelas VIII

Main Author: Laili, Husnul
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: LP2M STIT Palapa Nusantara , 2014
Online Access: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/palapa/article/view/740
https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/palapa/article/view/740/498
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi dan motivasi belajar matematika siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan PBL kelas VIII di SMPN 1 Keruak yang menggunakan satu kelompok eksperimen. Untuk meningkatkan prestasi dan motivasi belajar matematika siswa melalui pendekatan PBL di SMPN 1 Keruak peneliti menggunakan jenis penelitian PTK. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa dari hasil evaluasi pada siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa belum tuntas karena siswa yang memenuhi KKM masih kurang karena itu dilanjutkan kembali dengan pemberian evaluasi pada siklus II sehingga diperoleh nilai rata-rata 80,00 dengan ketuntasan belajar 66,67% dan berdasarkan hasil angket yang di berikan menunjukkan bahwa pembelajaran PBL dapat meningkatkan motivasi belajar siswa