PENGUATAN KAPASITAS MASYARAKAT DALAM HARAPAN BERSEKOLAH DAN PEMETAAN SOSIAL BINA HUBUNGAN SALING PERCAYA DI LINGKUNGAN RW 04 DESA CILAYUNG KECAMATAN JATINANGOR KABUPATEN SUMEDANG

Main Author: Buchari, RD Ahmad
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Padjadjaran , 2017
Online Access: http://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/view/16295
http://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/view/16295/7951
Daftar Isi:
  • Kegiatan PPMP OKK ini berjudul “Peningkatan Kapasitas Masyarakat Dalam Harapan Bersekolah dan Pemetaan SosialBina Hubungan Saling Percaya Di Lingkungan RW 04 Desa Cilayung, Kec. Jatinangor, Kab. Sumedang”. Khalayak sasaran kegiatan iniadalah para Kader PKK, Pengurus RW dan Kader Karang Taruna. Pemilihan khalayak sasaran tersebut didasarkan pada pertimbanganbahwa para kader tersebut merupakan penggerak dalam kegiatan kemasyarakatan. Dengan adanya kegiatan PPMP OKK ini diharapkandapat meningkatkan kemampuan kelompok sasaran dalam harapan bersekolah dan diharapkan pula dapat menjadi agen perubahandalam masyarakat. Dalam jangka waktu pendek, berharap kegiatan pengabdian ini mampu memberikan pengetahuan dan keterampilankepada khalayak sasaran tersebut terkait dengan harapan bersekolah, sedangkan tujuan jangka panjang dari program ini adalah mengubahpola dan perilaku masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar. Pada kegiatan PPMP OKK ini ada 2 (dua) kegiatan besaryaitu kegiatan peningkatan kapasitas masyarakat dan kegiatan pemetaan social. Kegiatan Penguatan Kapasitas Masyarakat DalamHarapan Bersekolah dan Pemetaan Sosial dilaksanakan dengan berbagai kegiatan pelatihan yang mendukung pengelolaan sampahsecara mandiri, Kegiatan pelatihan ini akan dipandu oleh narasumber (tenaga ahli) sebagai fasilitator dan dibantu dengan seperangkatalat untuk melakukan simulasi atau praktik secara langsung. Sementara kegiatan Pemetaan Sosial akan dilaksanakan dengan pendekatanpartasipatif dengan tetap memperhatikan kaidah-kaidah kaji-tindak (action research).Kata kunci: Cilayung Village; Hope for School; Public Capacity; Social Mapping; Strengthening.