PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN SETTING MODEL LEARNING TOGETHER (LT) PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR

Main Author: Subaidi, Agus
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura , 2016
Subjects:
Online Access: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/article/view/69
http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/article/view/69/54
Daftar Isi:
  • Berdasarkan kenyataan di lapangan yaitu sekolah masih banyak guru matematika yang menggunakan model pengajaran langsung dimana proses pembelajaran cenderung berpusat pada guru sehingga menyebabkan siswa sulit untuk berpartisipasi aktif dalam memahami pelajaran. Sementara itu, ada kecenderungan dewasa ini untuk kembali pada pemikiran bahwa anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan alamiah. Belajar akan lebih bermakna jika anak “mengalami” apa yang dipelajarinya, bukan “mengetahui”. Pelajaran yang berorientasi pada target penguasaan materi terbukti berhasil dalam kompetisi “mengingat” jangka pendek, tetapi gagal dalam membekali anak memecahkan persoalan dalam kehidupan jangka panjang. Oleh karena itu, seorang pendidik membutuhkan suatu keterampilan dalam menggunakan variasi antara model pembelajaran dan pendekatan pembelajaran. Salah satu cara sebagai upaya untuk mengatasi masalah tersebut salah satunya dengan menggunakan penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan setting model Learning Together (LT). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana aktifitas siswa, respon siswa, dan ketuntasan belajar siswa dalam penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan setting model Learning Together (LT) pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Peneliti mengumpulkan data melalui observasi aktivitas siswa, angket dan Tes. Kemudian data yang terkumpul dianalisis. Hasil analisis menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa termasuk kategori baik, respon siswa sebesar 75, 38% yang tergolong kategori positif , dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 88,46% yang terdiri dari tiga orang yang belum tuntas. Penulis menyimpulkan bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan setting model Learning Together (LT) pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar dapat dikatakan baik untuk diterapkan.