MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMPN 1 PRAGAAN
Main Author: | Junaidi, Aziz |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/article/view/506 http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/article/view/506/417 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII A SMPN 1 Pragaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui lembar observasi dan tes. Setelah data terkumpul maka dianalisis untuk memperoleh kesimpulan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada aktivitas belajar terjadi peningkatan sebesar 0,31 yaitu pada siklus 1 sebesar 2,69 menjadi 3 pada siklus 2 yang berkategori baik. Sedangkan pada hasil belajar terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa sebesar 18,7 yaitu dari 55,25 pada siklus 1 menjadi 73,95 pada siklus 2.