ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERINVESTASI DI PASAR MODAL BAGI GENERASI MILENIAL

Main Authors: Hati, Shinta Wahyu, Harefa, Windy Septiani
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Politeknik Negeri Batam , 2019
Online Access: https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JABA/article/view/1529
https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JABA/article/view/1529/953
Daftar Isi:
  • The purpose of this research was to determine motivation, capital market knowledge, and preferences for interests. This type of research is explanatory research with quantitative research. The research population is students majoring in business management who have participated in capital market and financial management courses. The sampling technique using purposive sampling, data collection using a questionnaire. The sample of this research were students in the Department of Business Management who received 67 Business Finance or Capital Market courses. The results of this study indicate that there is no motivation for millennial generation investment interests, there is a relationship with capital market knowledge of millennial generation investment interests, is a preferential preference for millennial generation investment interests. There are simultaneous influences on motivational variables, capital market knowledge, and risk preferences for investment interest in millennial generation
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, pengetahuan pasar modal, dan preferensi risiko terhadap minat berinvestasi generasi milenial. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatory research dengan pendekatan  kuantitatif. Populasil penelitian adalah mahasiswa jurusan manajemen bisnis yang sudah mengikuti matakuliah pasar modal dan manajemen keuangan. Teknik sampling menggunakan purposive sampling, pengambilan data menggunakan kuesioner. Sampel penelitian ini adalah mahasiswi Jurusan Manajemen Bisnis Politeknik Negeri Batam yang telah mendapatkan mata kuliah Keuangan Bisnis ataupun Pasar Modal. Jumlah sampel sebanyak 67 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh motivasi terhadap minat berinvestasi generasi milenial, terdapat pengaruh pengetahuan pasar modal terhadap minat berinvestasi generasi milenial, terdapat pengaruh preferensi risiko terhadap minat berinvestasi generasi milenial. Terdapat pengaruh simultan antara  motivasi, pengetahuan pasar modal, dan preferensi risiko terhadap minat berinvestasi pada generasi milenial di Politeknik Negeri Batam