ANALISIS PEMILIHAN JASA FORWARDER DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DI PT. XYZ

Main Authors: Wulan, Ambar, Hendrawan, Bambang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Politeknik Negeri Batam , 2018
Online Access: https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JABA/article/view/1126
https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JABA/article/view/1126/686
Daftar Isi:
  • Choosing a good and quality forwarder is something that cannot be considered easy. Errors in choosing a forwarding service will hinder the operational processes of a company, especially if the company is an international scale such as PT. XYZ. This study aims to choose the best forwarder services for the company. Criteria set by PT. XYZ in choosing forwarder services, namely Cost, Quality, Delivery, and Responsiveness. In this research forwarders who offer themselves or take part in bidding to work with PT. XYZ has only 4, namely forwarder A, forwarder B, forwarder C, and forwarder D. In this study the author uses the Analytical Hierarchy Process (AHP) method to determine which forwarder fits the company's criteria. The most important criteria for PT. XYZ is a Cost with the highest weight of 0.4841, Quality criteria with 0.2310, Delivery criteria with 0.1676 and Responsiveness criteria with 0.1171. then followed by forwarder A with the highest weight of 0.535, then forwarder B with 0.202, forwarder C with 0.145, and forwarder D with 0.119.
  • Memilih jasa forwarder yang baik dan berkualitas adalah sesuatu yang tidak bisa dianggap mudah. Kesalahan dalam memilih jasa forwarderakan menghambat proses operasional suatu perusahaan, terlebih jika perusahaan tersebut berskala Internasional seperti PT. XYZ. Penelitian ini bertujuan untuk memilih jasa forwarder yang terbaik untuk perusahaan. Kriteria yang ditetapkan oleh PT. XYZ dalam memilih jasa forwarder yaitu Cost, Quality, Delivery, dan Responsiveness. Pada penelitian ini forwarder-forwarder yang menawarkan diri atau mengikuti bidding untuk bekerja  sama dengan PT. XYZ hanya ada 4, yaitu forwarder A, forwarder B, forwarder C, dan forwarder D. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan forwarder mana yang sesuai kriteria perusahaan. Kriteria yang paling penting bagi PT. XYZ adalah Cost dengan bobot tertinggi sebesar 0.4841, kriteria Quality dengan  0.2310, kriteria Delivery  dengan 0.1676 dan kriteria Responsiveness dengan 0.1171. lalu diikuti dengan forwarder A dengan bobot tertinggi sebesar 0.535, lalu forwarder B dengan 0.202, forwarder C dengan 0.145, dan forwarder D dengan 0.119.