STRATEGI PENGEMBANGAN DAN BAURAN PEMASARAN POTENSI KOMODITAS KOPI DALAM RANGKA PENGUATAN PASAR PRODUK PERTANIAN SECARA INTEGRATIF DENGAN SEKTOR PARIWISATA DI KABUPATEN BANYUWANGI
Main Authors: | Imaniar, Dimas, Wahyudiono, Andhika |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Politeknik Negeri Batam
, 2018
|
Online Access: |
https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JABA/article/view/1120 https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JABA/article/view/1120/684 |
Daftar Isi:
- The one of commodities that contribute economies in agricultural sector, has an integrated competitiveness and agribusiness that can improve the welfare of the famers is coffee. This research aims to find out; Formulating development strategy on coffee commodities in order to strengthen agricultural product market in integrative with tourism sector in Banyuwangi Regency. The research area is determined purposively, that is in Banyuwangi Regency. This research uses descriptive and analytic method. Sampling method is conducted purposively (purposive sampling). This research is analyzed using Location Quotient, Marketing Mix and Force Field Analysis tools. The research results show that by formulation of strategy model of development of coffee commodities in order to strengthen agricultural product market in integrative with tourism sector in Banyuwangi Regency which can be used on of the government policy and provide better life expectancy of coffee farmers.
- Salah satu komoditas yang memberikan sumbangan perekonomian yang diperhitungan di sektor pertanian peningkatan daya saing dan agribisnis terpadu yang dapat memperbaiki kesejahteraan keluarga pekebun, salah satunya adalah komoditas kopi. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan komoditas kopi dalam rangka penguatan pasar produk pertanian yang integratif dengan sektor pariwisata di Kabupaten Banyuwangi. Penentuan daerah penelitian ditentukan secara sengaja (purposive method) . Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan analitik. Metode pengambilan contoh dilakukan secara sengaja (purposive sampling). Penelitian ini dianalisis menggunakan alat analisis wilayah (Location Quotient) bauran pemasaran dan medan kekuatan (Force Field Analysis). Hasil penelitian ini adalah sebuah model model strategi pengembangan komoditas kopi dalam rangka penguatan pasar produk pertanian yang integratif dengan sektor pariwisata di Kabupaten Banyuwangi yang nantinya dapat dijadikan salah satu pedoman pembuatan kebijakan pemerintah daerah Kabupaten Banyuwangi dan dapat memberikan harapan kehidupan yang lebih baik bagi petani kopi.