Daftar Isi:
  • Perkembangan Jaman sekarang produk sepeda motor berkembang pesat. Data Kepolisian tahun 2011 jumlah sepeda motor di Indonesia berjumlah 68,839,341 buah. Jumlah tersebut akan terus meningkat seiring kebutuhan transportasi masyarakat. Salah satu suku cadang kendaran sering dilakukan penggantian adalah Sproket gear. Ada dua jenis produk sproket di pasaran, yaitu produk asli keluaran pabrikan (genuine part) dan kualitas 1 (imitasi). Produk imitasi memiliki sifat mekanik sangat rendah sehingga mudah aus dan patah. Maka pada penelitian ini, ingin meningkatkan produk imitasi mendekati atau menyamai produk asli dengan proses pack carburizing. Tujuan penelitian untuk menganalisa peningkatan sifat mekanik material sproket gear suzuki imitasi, setelah dilakukan proses carburizing. Adapun variabel bebas yang digunakan sproket gear suzuki genuine part, dan sproket gear suzuki imitasi dan sudah mengalami perlakuan panas, media quenching oli mesin SAE 40, dengan variasi temperatur (850-9500C) dengan penahanan waktu 7 jam. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian komposisi kimia, kekerasan dan struktur mikro. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sproket gear suzuki imitasi. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian kekerasan dan pengamatan struktur mikro. Sifat mekanik material sproket gear suzuki imitasi, dengan proses carburizing peningkatan nilai kekerasan optimum pada suhu autenisasi dengan temperatur 9500C, kekerasannya meningkat 49,21% dibanding dengan sproket gear suzuki imitasi tanpa carburizing, dan lebih tinggi 7,64% diatas nilai kekerasan sproket gear suzuki genuine part.. Kata kunci : Arang Mlanding, Pack Carburizing, Sproket, Suzuki, imitasi.