Daftar Isi:
  • Prestasi belajar mahasiswa Prodi DIII Kebidanan STIKES Widya Husada Semarang tiga tahun terakhir mengalami penurunan, Anemia pada remaja dapat berdampak pada menurunnya produktivitas kerja ataupun kemampuan akademis di sekolah, remaja yang kurang sehat dapat mengalami kesulitan belajar, angka anemia untuk remaja putri sebesar 6,3 juta jiwa (57,1%). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kadar hemoglobin dengan prestasi belajar pada mahasiswa Prodi DIII Kebidanan STIKES Widya Husada Semarang. Jenis penelitian ini adalah observasional dengan metode survey analitik melalui pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan langsung berupa pemeriksaan kadar hemoglobin dan catatan anekdot berisi indeks prestasi mahasiswi. Populasi adalah seluruh mahasiswa (354) pengambilan sampel dengan teknik quota sampling (78),. Analisis univariat menggunakan distribusi frekuensi, Analisis bivariat menggunakan chi square.Hasil penelitian didapatkan sebagian besar responden memiliki kadar hemoglobin >12 gr% (59%), dan prestasi belajar baik (65,4%) kurang. Hasil analisis bivariat menunjukan tidak ada hubungan antara kadar hemoglobin (p=1,00) dengan prestasi belajar mahasiswa Prodi DIII Kebidanan STIKES Widya Husada Semarang. Kata kunci: belajar, hemoglobin,kadar,prestasi