Perancangan Enterprise Resource Planning Modul Sales Dengan Menggunakan Odoo pada PT XYZ

Main Authors: Fitriana, Rian, Nurlaila, Ayu Annisa, Amriza, Rona Nisa Sofia
Other Authors: Sistem Informasi, Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim , 2021
Subjects:
Online Access: https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/PROSIDING_SNST_FT/article/view/5001
https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/PROSIDING_SNST_FT/article/view/5001/3744
Daftar Isi:
  • Perusahaan XYZ merupakan sebuah perusahaan manufaktur bergerak dibidang pengolahan makanan yang sangat berkembang di Indonesia dan berdiri pada tahun 1990. PT XYZ mencatat pertumbuhan laba dan penjualan di tengah pandemi COVID-19 pada tahun 2020 sebesar 10%, penjualan tersebut naik dari Rp.42,30 menjadi Rp.46,64 triliun, dapat diketahui dari data tersebut semakin naiknya permintaan konsumen terhadap perusahaan XYZ maka semakin banyak produk makanan yang harus tersedia, tetapi operasional penjualan antara team marketing dengan pelanggan masih menggunakan faktur, belum adanya sistem informasi yang terintegrasi antara pelanggan dengan team marketing. Untuk meningkatkan kinerja bisnis bagi pelanggan dan perusahaan, maka dibuatlah sebuah perancangan Enterprise Resource Planning (ERP) modul Sales dengan Odoo sebagai opensource software. Pengumpulan data terbagi dua yaitu data primer & data sekunder, data Primer dilakukan dengan cara observasi secara langsung di lapangan, sedangkan untuk data sekunder didapatkan pada jurnal yang telah dibuat pada penelitian sebelumnya. Hasil pada penelitian ini yaitu akan berdampak paka team marketing dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan lebih efektif jika terjadi peningkatan penjualan yang sangat signifikan, selain itu dengan adanya sistem informasi terintegrasi antara pelanggan dengan team marketing memudahkan dalam penyebaran informasi secara realtime dalam pemberitahuan produk baru produk baru maupun harga serta informasi mengenai product cepat tersampaikan kepada customer.