TINJAUAN BEBERAPA MODEL MEKANISTIK TINGKAT KONSUMSI BAHAN BAKAR UNTUK DITERAPKAN PADA PROGRAM SIMULATOR MENGEMUDI HEMAT ENERGI SMART DRIVING

Main Authors: Priangkoso, Tabah; Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik UNWAHAS Jl.Menoreh Tengah X/22 Sampangan, Semarang, Sinaga, Nazaruddin; Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik UNDIP Jl.Prof. H. Sudharto, SH., Semarang
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Fakultas Teknik , 2012
Online Access: http://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/PROSIDING_SNST_FT/article/view/265
http://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/PROSIDING_SNST_FT/article/view/265/255
Daftar Isi:
  • Program mengemudi Smart Driving merupakan simulator pelatihan mengemudi hemat energi. Program membutuhkan model yang memungkinkan simulator merepresentasikan kenyataan. Model mekanistik banyak digunakan untuk memperkirakan konsumsi bahan bakar kendaraan. Model mekanistik memperkirakan konsumsi bahan bakar sebanding dengan gaya-gaya yang melawan gerak kendaraan. Faktor yang paling menentukan besarnya konsumsi bahan bakar pada suatu pengendaraan adalah perilaku berkendaraan. Paper mengases tiga model mekanistik konsumsi bahan bakar kendaraan, yaitu aaMOTION, PERE (Physical Emission Rate Estimator), dan HDM-4 (Highway and Development Management-4 untuk melihat kemungkinan penerapan model pada program. Ketiga model tidak memuat seluruh perilaku berkendaraan. aaMOTION dan HDM-4 tidak memasukkan perilaku posisi gigi, sedangkan PERE tidak memperhitungkan perilaku stasioner ke dalam model. Sebagai model, ketiganya telah memenuhi syarat sebagai model mekanistik dan dapat digunakan sesuai kebutuhan penggunanya, namun masih memerlukan penyempurnaan untuk digunakan sebagai model dalam program. Kata kunci: model mekanistik, perilaku berkendaraan, konsumsi bahan bakar