PEMBANGUNAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA PT. SANBE FARMA
Main Authors: | Rahayu, Ginanjar, Renaldi, Faiza, Umbara, Fajri Rakhmat |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prosiding SNST Fakultas Teknik
, 2018
|
Online Access: |
https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/PROSIDING_SNST_FT/article/view/2401 https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/PROSIDING_SNST_FT/article/view/2401/2387 |
Daftar Isi:
- Kelangsungan hidup sebuah perusahaan tergantung dari ada atau tidak adanya pembeli, dengan kata lain perusahaan tidak akan memperoleh pendapatan (income) untuk membiayai aktivitasnya. Seorang pelanggan yang puas adalah pelanggan yang mendapatkan value yang lebih besar daripada biaya yang dikeluarkan. Customer Relationship Management (CRM) memungkinkan terciptanya kesetiaan pelanggan bukan hanya pada produknya namun juga setia terhadap perusahaan. Customer Relationship Management(CRM) telah diperkenalkan sebagai sistem informasi skala perusahaan. CRM bukan hanya sebuah piranti lunak, melainkan merupakan sebuah strategi bisnis yang mengintegrasikan proses bisnis yang bersentuhan langsung dengan konsumen (pemasaran, penjualan dan pelayanan) dengan pelaku bisnis, proses bisnis dan teknologi pendukung PT. Sanbe Farma merupakan group perusahaan farmasi yang melaksanakan pengembangan formulasi, produksi, dan penjualan produk obat yang aman dan berkualitas tinggi. Dengan banyakanya distributor yang bekerja sama dengan perusahaan pembuat obat lainnya, perusahaan semakin sulit dalam berintraksi dengan pihak distributor. yang belum sesuai dengan keinginan perusahaan mengakibtkan perusahaan tidaka bisa dalam mempertahankan pelanggan, dan mendapat pelanggan yang baru. selain itu hanya adanya sebagian media komunikasi dari perusahaan kepada konsumen menyebabkan kurangnya belum efektifnya dalam penilaian dan evaluasi terhadap hasil kinerja perusahaan dalam upaya meningkatkan kebutuhan dan keinginan konsumen. Hal tersebut akan menyebabkan kendala dalam pemasaran produk pada PT. Sanbe Farma. Dalam penerapan Customer Relationship Manajement (CRM), dan penyeberan informasi yang tidak efektif membuat customer tidak mengetahui informasi-informasi terbaru mengenai produk baru yang dihasilkan oleh perusahaan, promo yang diadakan oleh perusahaan dan lain-lain.. Pengelolaan data transaksi atau penjualan memudahkan perusahaan menjalain kerjasama ataupun loyalitas terhadap pelanggan, dan menerima setiap keluhan yang dimiliki oleh pelanggan. Penerapan Customer Relationship Management (CRM) di PT. Sanbe Farma dapat meningkatkan kualitas pelayanan untuk konsumennya jika perusahaan membuka jalur komunikasi langsung dengan konsumen atau distributor, dalam penelitian ini akan menghasilkan keluaran berupa laporan agar perusahaan dapat mengetahui apa yang diharapkan dan diperlukan pelanggannya. Kata kunci : customer relationship management (CRM); data transaksi; data penjualan; data barang.