Effects of Play Therapy on Trauma Healing in Children Victims of Natural Disasters

Main Authors: Pramardika, Dhito Dwi, Hinonaung, Jelita Siska Herlina, Mahihody, Astri Juwita, Wuaten, Grace Angel
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Faletehan , 2020
Online Access: https://journal.lppm-stikesfa.ac.id/index.php/FHJ/article/view/131
https://journal.lppm-stikesfa.ac.id/index.php/FHJ/article/view/131/53
Daftar Isi:
  • The impact of natural disasters is loss of life, loss of property, and environmental damage. However, the psychological impact is often ignored especially in children. If not addressed, it can affect on their growth and development. This study aims to determine the effects of trauma healing on children victims of landslides and flash floods in Kampung Belengang, Sangihe Islands Regency, North Sulawesi Province. The experimental group were given play therapy while the control group were not given the intervention. The type of research is quasi-experimental with two unpaired samples. The analysis used to test the difference of the effects is by using Mann-Whitney test. The samples of this study were 16 children in the experimental group and 10 children in the control group. The results of this study show the difference in the average value of the experimental group (17.6056) and the average value of the control group (0.0000). To conclude, there is a significant difference between children who are given play therapy and the control group (p = 0.000).
  • Dampak dari bencana alam yaitu korban jiwa, kehilangan harta benda, dan kerusakan lingkungan. namun sering kali dampak psikologis sering diabaikan terutama pada anak-anak. Jika tidak ditanggulangi dapat berpengaruh pada tumbuh kembangnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh trauma healing pada anak-anak korban bencana alam tanah longsor dan banjir bandang di Kampung Belengang Kabupaten Kepulauan Sangihe Provinsi Sulawesi Utara yang diberi terapi bermain dengan yang tidak diberikan intervensi (kontrol). Jenis penelitian ini merupakan quasy experiment dengan dua sampel tidak berpasangan. Analisis yang digunakan untuk menguji perbedan pengaruh yaitu menggunakan uji Mann-Whitney. Sampel penelitian ini adalah 16 anak kelompok intervensi dan 10 anak kelompok kontrol karena menggunakan metode independent sample t test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil selisih/beda nilai rata-rata kelompok eksperimen 17,6056 sedangkan selisih/beda nilai rata-rata kelompok kontrol 0,0000. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara anak yang diberi terapi bermain dengan kelompok kontrol (p=0,000).