KERUKUNAN DAN RESOLUSI KONFLIK DALAM TRADISI PESANTREN (STUDI PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA)

Main Author: ash-shiddiqy, muhammad; UIN Suka dan PP. Al Munawwir
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: IAIN Syekh Nurjati Cirebon , 2020
Subjects:
Online Access: http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/tamaddun/article/view/5628
http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/tamaddun/article/view/5628/pdf_9
Daftar Isi:
  • Suatu negara dengan keadaan masyarakat yang beragam akan sangat rentan untuk terjadinya sebuah konflik. Indonesia adalah suatu negara yang memiliki keadaan tersebut dihadapkan pada masalah yang tidak ringan. Dibutuhkan keterampilan mengatur keberagaman tersebut agar semua komponen masyarakat dapat hidup dengan aman, nyaman, tenteram, dan damai bagi kelangsungan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Namun, bangsa Indonesia tercinta ini masih diselimuti oleh berbagai konflik yang muncul dalam masyarakat. Masyarakat perlu dibekali oleh berbagai pengetahuan tentang keadaan bangsanya sejak dini. Pendidikan merupakan perantara yang tepat untuk menumbuhkan bermacam sikap yang mendukung tercapainya perdamaian. Pendidikan di Pesantren menempati posisi yang penting dalam penyelesaian konflik di Indonesia. Sejak masa kolonial hingga masa modern, Pesantren memberikan sumbangsih nyata bagi kerukunan dan perdamaian di Indonesia. Salah satu di antara peranan Pesantren adalah membuat nilai-nilai keagamaan dan kerukunan dalam wilayahnya masing-masing. Kajian ini bertujuan mendeskripsikan peranan Pesantren dalam menciptakan nilai-nilai kerukunan dan resolusi konflik dalam tradisi Pesantren (Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak). Dalam kajian ini diperoleh temuan bahwa pendidikan di pesantren dalam mewujudkan kerukunan dan resolusi konflik sangat besar pengaruhnya dalam kehidupan berbangsa dan bertanah air.