UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN MATERI POKOK GLOBALISASI MELALUI PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS IX-B SMP NEGERI 39 MEDAN

Main Author: Tanjung, Nurhalima
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah , 2018
Online Access: http://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2SH/article/view/55
http://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2SH/article/view/55/48
Daftar Isi:
  • Aktifnya siswa untuk mengikuti kegiatan konseling merupakan salah satu cara agar siswa bisa dapat mengenal dirinya dan mengatasi masalahnya. Penelitian tindakan kelas dilakukan pada siswaKelas IX-B SMP Negeri 39 Medan pada bulan Januari s.d Juni 2016. Tindakan yangdilakukan melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Tujuan yangdiijinkan adalah untuk mengetahui apakah Penerapan Metode Diskusi Kelompok dapatmeningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan pada saat pre tes sebelumdilakukan tindakan diperoleh dan 40 orang siswa, 0 siswa (0%) yang memenuhi ketuntasanbelajar dan 40 siswa (100%) tidak memenuhi ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata60,5,selanjutnyapada siklus 1 diperoleh nilai rata-ratakelas meningkatkan sebanyak 70 (dari32,5 naik menjadi 67,5), dengan tingkat belajar siswa dari 40 orang siswa sebanyak 13 siswa(32,5%) yang memenuhi ketuntasan belajar dan 27 siswa (67,5%) tidak memenuhi ketuntasanbelajar. Pada siklus 2 diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 84,75 dengan tingkatbelajar siswa dari 40 orang siswa sebanyak 40 siswa (84,75%) yang memenuhi ketuntasanbelajar Jadi dapat dikatakan pada siklus 2 ketuntasan belajar meningkat sebesar 84,75.