PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MTs

Main Authors: Khayroiyah, Siti, Siregar, Tanti Jumaisyaroh
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: LP2M UMN Al Washliyah , 2019
Online Access: http://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2MIPA/article/view/281
http://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2MIPA/article/view/281/245
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Variabel penelitian ini terdiri atas variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan sedangkan variabel terikatnya yaitu kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Lab IKIP Al-Washliyah Medan dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa MTs dengan mengambil dua kelas  yaitu VIII A dan VIII B secara acak (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan tes. Tes yang digunakan  yaitu tes kemampuan komunikasi matematis siswa (pre tes dan post tes). Data yang sudah dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan  menggunakan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh yaitu: terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Oleh karena itu, disarankan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dijadikan alternatif bagi guru  untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.