UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA SISWA KELAS III DI SD NEGERI NOGOSAREN GAMPING SLEMAN TAHUN AJARAN

Main Author: Verina Septiarni, 12144600103
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.upy.ac.id/978/1/Dokumen%201.pdf
http://repository.upy.ac.id/978/2/Dokumen%20BAB%20II.pdf
http://repository.upy.ac.id/978/3/Dokumen%20BAB%20III.pdf
http://repository.upy.ac.id/978/4/Dokumen%20BAB%20IV.pdf
http://repository.upy.ac.id/978/5/Dokumen%20BAB%20V.pdf
http://repository.upy.ac.id/978/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS melalui model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick pada siswa kelas III SD Negeri Nogosaren Gamping Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas III berjumlah 24 siswa dan dengan langkah-langkah yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan cara menghitung rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS siswa. Persentase motivasi mengalami peningkatan pada kondisi awal sebesar 20,83% meningkat pada siklus I sebesar 37,5% dan pada siklus II sebesar 83,33%. Rata-rata prestasi belajar pada pra siklus sebesar 57,29 dengan ketuntasan 16,67% meningkat pada siklus 1 dengan rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 63,33 dengan ketuntasan 54,17% dan meningkat lagi pada siklus II dengan rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 76,25 dengan ketuntasan 79,17%.