EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI GODEAN

Main Author: SRI ENDAH MIANTI, 12144100044
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.upy.ac.id/967/1/Dokumen%20Bab%20I.pdf
http://repository.upy.ac.id/967/2/Dokumen%20Bab%20II.pdf
http://repository.upy.ac.id/967/3/Dokumen%20Bab%20III.pdf
http://repository.upy.ac.id/967/4/Dokumen%20Bab%20IV.pdf
http://repository.upy.ac.id/967/5/Dokumen%20Bab%20V.pdf
http://repository.upy.ac.id/967/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII MTs Negeri Godean. Jenis penelitian ini adalah deskriptif komparatif dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua macam yaitu instrumen pembelajaran dan instrumen pengumpulan data. Instrumen pembelajaran terdiri Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS), instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar observasi, angket, tes (pretest dan posttest) dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t bantuan software Ms. Excel 2010 dan software SPSS 20. Hasil penelitian berdasarkan nilai pretest dan posttest menunjukkan kelas eksperimen dengan model kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dan kelas kontrol dengan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berdistribusi normal variansi kedua kelas homogen dan kemampuan awal yang sama. Hasil uji t satu pihak menunjukkan