HUBUNGAN ANTARA LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara layanan bimbingan kelompok dengan sikap sosial siswa kelas VII SMP Negeri 11 Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 11 Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 137 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebesar 95 anak dengan menggunakan teknik quota random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisa data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif signifikan antara layanan bimbingan kelompok dengan sikap sosial siswa kelas VII SMP Negeri 11 Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016 dengan diketahui nilai rhitung sebesar 0,890 dengan p = 0,000 lebih kecil dari = 0,05. Dengan demikian semakin baik dan efektif layanan bimbingan kelompok pada siswa maka semakin baik sikap sosial siswa, sebaliknya semakin kurang pelaksanaan layanan bimbingan kelompok maka semakin kurang sikap sosial siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok yang efektif akan meningkatkan pembentukan sikap sosial siswa yang baik dalam bersosialisasi di lingkungan sekitar. Diharapkan sekolah dan guru BK dapat meningkatkan pelayanan bimbingan kelompok melalui program kegiatan yang mendukung tercapainya sikap sosial yang lebih baik.