Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan layanan bimbingan belajar dengan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kasihan Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kasihan Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 sebesar 123 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebesar 61 siswa dengan menggunakan teknik quota random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisa data dengan menggunakan analisis statistic dengan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif layanan bimbingan belajar dengan motivasi belajar Siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kasihan Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 dengan mengetahui harga rhitung sebesar 0,410 dan p = 0,001 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian semakin efektif pemberian layanan bimbingan belajar kepada siswa maka semakin tinggi motivasi belajar siswa, sebaliknya semakin kurang efektif pemberian layanan bimbingan belajar maka semakin rendah motivasi belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan kemampuan serta kompetensi yang ada, diharapkan guru bimbingan dan konseling mampu menjalankan program maupun layanan bimbingan belajar dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Peran penting layanan bimbingan belajar dalam upaya mewujudkan semangat dan motivasi belajar siswa yang tinggi.