PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SDN WIROKERTEN BANGUNTAPAN BANTUL
Main Author: | Ika Cahyasari, 12144600174 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.upy.ac.id/948/1/Dokumen%20I.pdf http://repository.upy.ac.id/948/2/Dokumen%20BAB%20II.pdf http://repository.upy.ac.id/948/3/Dokumen%20BAB%20III.pdf http://repository.upy.ac.id/948/4/Dokumen%20BAB%20IV.pdf http://repository.upy.ac.id/948/5/Dokemen%20BAB%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA%2C%20LAMPIRAN.pdf http://repository.upy.ac.id/948/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan PowerPoint pada mata pelajaran IPS kelas V di SDN Wirokerten, untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif menggunakan PowerPoint pada mata pelajaran IPS untuk siswa kelas V SD, dan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran interaktif PowerPoint pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Wirokerten pada semester gasal. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Wirokerten sebanyak 27 siswa. Prosedur pengembangan: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk,validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan produksi massal. Teknik pengumpulan data: angket, pedoman wawancara, pedoman observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif yang terdiri terdiri dari konversi skala 5 dan persentase skala 5. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa produk media pembelajaran interaktif layak untuk digunakan. Hal ini ditunjukkan oleh hasil penilaian ahli materi dengan skor 75 dengan kriteria sangat baik. Hasil penilaian dari ahli media adalah 125 berkriteria sangat baik. Respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif menggunakan PowerPoint pada mata pelajaran IPS untuk siswa kelas V SD sebesar 88,6% pada uji coba terbatas dan berkriteria baik sekali. Sedangkan hasil respon siswa pada uji coba lapangan sebesar 87,5% dan mendapat kriteria baik sekali.Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V tentang media pembelajaran interaktif menggunakan PowerPoint menyatakan bahwa media tersebut sudah layak dan sudah sesuai untuk digunakan sebagai media pembelajaran IPS kelas V, materi yang ada dalam media juga sudah sesuai. Hasil observasi pada uji coba terbatas memperoleh skor total 46 dengan rata-rata 4,6 dan berkriteria sangat baik, sedangkan pada uji coba lapangan memperoleh skor total 46 dengan rata-rata 4,6 dan berkriteria sangat baik. Hasil rata-rata dari nilai pre-test adalah 59 dengan persentase 59% dengan kriteria cukup. Dari 20 siswa ada 3 siswa yang mencapai nilai KKM ≥ 73. Sedangkan rata-rata dari nilai post-test 80,75 dengan persentase 80,75 % dengan kriteria baik. Dari 20 siswa, semua siswa sudah mencapai nilai KKM ≥ 73 dengan persentase 100%.